Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Penumpang “Speed Boat” Tenggelam Ditemukan Selamat

Kompas.com - 03/07/2013, 16:31 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Tim Search and Rescue (SAR) Ambon berhasil menemukan 13 penumpang plus satu nakhoda speed boat yang tenggelam di perairan Desa Ouw, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (3/7/2013) siang. Mereka ditemukan selamat setelah tim SAR menyisir perairan Desa Ouw, Kecamatan Saparua, yang menjadi lokasi tenggelamnya speed boat naas tersebut.

Kepala SAR Ambon, Suhri Sinaga, kepada Kompas.com pada Rabu sore mengatakan, tim SAR berhasil menemukan semua korban speed boat tenggelam setelah pihaknya mengerahkan satu kapal patroli Rescue 216 untuk melakukan pencarian.

“Saat ini 14 korban tenggelam telah ditemukan dalam keadaan selamat. Kita mengerahkan kapal patroli Rescue 216 untuk melakukan pencarian,” kata Suhri.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku mengatakan, jumlah penumpang hilang yang masih dalam pencarian sebanyak 7 orang. Sementara total semua penumpang speed boat naas itu berjumlah 17 orang plus satu nakhoda.

Dia juga mengungkapkan, selain cuaca buruk dan gelombang tinggi, diduga penyebab terjadinya kecelakaan speed boat tersebut karena jumlah penumpang yang melebihi kapasitas.

“Memang kondisi cuaca sangat buruk. Selain itu, jumlah penumpang speed boat juga telah melebihi kapasitas muat, kan biasanya 10 orang saja,” ungkap Suhri.

Suhri menambahkan, empat penumpang yang meninggal dunia sebelumnya ditemukan nelayan setempat. Semua penumpang, baik yang selamat maupun meninggal, saat ini telah dievakuasi ke Desa Titawae, Kecamatan Nusa Laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com