Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Penerima BLSM di Tasikmalaya Belum Terima Kartu

Kompas.com - 02/07/2013, 15:28 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Sejumlah warga miskin calon penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Kabupaten/Kota Tasikmalaya, belum mendapatkan kartu BLSM. Padahal di beberapa daerah lainnya di Indonesia mulai mencairkan bantuan dari pemerintah tersebut.

Tatang (56), warga Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, mengaku telah didata sebagai penerima BLSM beberapa pekan lalu. Namun sampai saat ini dia belum mendapatkan kartu BLSM.

“Jangankan jadwal pencairan BLSM, kartunya juga saya belum mendapatkannya sampai sekarang. Soalnya, kalau saya lihat di televisi, di daerah lain BLSM sudah bisa dicairkan di kantor pos. Kalau di daerah kami kapan yah?” ucapTatang kepada Kompas.com, ditemui di rumahnya yang berdinding anyaman bambu, Senin (2/7/2013) siang.

Hal sama diungkapkan Dedi (47) warga Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Dedi mengaku sudah mendapat kabar bahwa pencairan BLSM di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada awal Juli 2013. Namun, sampai sekarang kabar tersebut belum ada realisasinya.

Ia juga mengaku belum menerima kartu BLSM untuk mencairkan bantuan tersebut. “Saya dan warga di sini sama belum mendapatkan kartu BLSM. Saya juga menanyakan kepada saudara saya di kecamatan yang lain. Sama, dia juga belum mendapatkan kartunya. Padahal kan di daerah lain sudah dicairkan,” kata dia.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir mengatakan, untuk Kabupaten Tasikmalaya, pencarian BLSM baru dilakukan di satu kecamatan saja, Senin (1/7/2013). Sisanya akan dilakukan secara bertahap di bulan ini.

“Kepada masyarakat untuk diminta sabar dulu. Dari 39 kecamatan seluruh Kabupaten Tasikmalaya, Senin kemarin hanya cair satu kecamatan saja, yaitu Kecamatan Mangunreja. Pencairan BLSM soalnya dipusatkan di Kantor Pos Kota Tasikmalaya untuk wilayah kota dan kabupaten Tasik,” papar Kodir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com