Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Informasi BLSM Simpang Siur, Warga Serbu Kantor Pos

Kompas.com - 02/07/2013, 10:33 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com
 — Ratusan warga Kecamatan Campalagian dan Luyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, merasa kecewa karena gagal mendapatkan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) hari ini, Selasa (2/7/2013).

Mereka berduyun-duyun ke kantor pos setempat setelah mendapat informasi bahwa BLSM akan dibagi hari ini. Mereka pun berangkat pagi-pagi sekali dengan menumpang ojek atau becak, dari rumah menuju kantor pos agar bisa mendapat antrean lebih awal.

Warga mengaku tidak mendapat informasi pembagian BLSM dari aparat pemerintahan desa setempat, melainkan mendengar informasi dari mulut ke mulut. Seperti yang dialami perempuan bernama Hana.

"Informasinya dari mulut ke mulut kalau hari ini bantuan BLSM dibagikan. Makanya kita ramai-ramai ke kantor pos," tutur perempuan yang terpaksa tidak menyiapkan sarapan untuk anak-anaknya agar bisa berangkat ke kantor pos pagi-pagi sekali.

Alangkah kecewanya dia setelah mendapat keterangan dari petugas kantor pos bahwa BLSM tidak dibagikan hari ini. "Kecewa, sudah sewa ojek ke kantor pos ternyata belum dibagikan," ujar Hana setelah menunggu kepastian BLSM selama beberapa jam.

Kekecewaan juga dirasakan Asis karena harapannya untuk menerima jatah BLSM untuk dua bulan pertama, yakni sebesar Rp 300.000, pupus. Selain itu dia juga harus menunggu kepastian tanggal pembagian BLSM.

Kepala Kantor Pos Campalagian dan Luyo, Yunus, mengatakan, pihaknya menangani pembagian BLSM kepada 8.225 warga miskin. Dia mengaku sangat kaget ketika kantornya tiba-tiba didatangi ratusan orang sejak pagi.

"Saya kaget pagi-pagi ratusan warga sudah berada di kantor sebelum jam kantor. Ternyata mereka menunggu pembagian BLSM," ujar Yunus.

Yunus menyatakan pihaknya belum pernah mengeluarkan jadwal pembagian BLSM untuk warga Campalagian dan Luyo.

Sementara itu, meskipun sudah mendapat penjelasan dari Kepala Kantor Pos bahwa hari ini tidak ada pembagian BLSM, warga tidak beranjak dari kantor pos itu. Mereka mengaku masih menunggu perkembangan informasi pembagian BLSM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com