Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Dianggap Pahami Kepemimpinan Jawa Modern

Kompas.com - 23/06/2013, 19:02 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah terpilih, Ganjar Pranowo, dianggap paham dengan model kepemimpinan Jawa modern. Karena alasan itu, ia menjadi salah satu tokoh yang diundang dalam diskusi bulanan budaya Jawa di Kendal, Minggu (23/6/2013) malam.

Acara yang diselenggarakan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Jawa Tengah
digelar di halaman parkir kantor Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kendal.

Ganjar akan hadir sebagai nara sumber bersama ketua Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Jawa Tengah, ST. Sukirno dan Iwan Fatoni (aktivis gerakan pemuda).

Ganjar akan berbicara masalah Kepemimpinan Jawa Modern. Sedangkan Sukirno berbicara soal Kepemimpinan, Pancasila dan Falsafah Kejawen, dan Iwan tentang Kesejarahan dan Pergolakan Kekuasaan di Jawa.

Menurut Ketua FK Metra Kabupaten Kendal, Fallah Widya Yoga Pratama, gubernur terpilih yang belum dilantik, Ganjar Pranowo, adalah kali pertama datang ke Kendal, usai pilihan gubernur. Kepeduliannya tentang budaya Jawa, diakui oleh Fallah, membuat Ganjar tetarik untuk datang sebagai pembicara.

"Beliau sudah konfirmasi kalau akan datang ke Kendal sebagai nara sumber," kata Fallah.

Fallah menjelaskan, diskusi bulanan budaya Jawa yang diselenggarakan oleh FK Metra Kabupaten Kendal, bertujuan untuk menggali kembali budaya Jawa yang mulai musnah. Tidak hanya keseniannya saja, tetapi budaya "unggah-ungguh" yang dulu digunakan oleh para orang tua. Termasuk budaya kepemimpinan Jawa.

"Jawa Tengah adalah bagian dari Jawa. Adat Jawa masih sangat melekat pada masyarakatnya. Saya berharap, pak Ganjar nanti, dalam memimpin Jawa Tengah, juga menggunakan cara kepemimpinan Jawa. Untuk itulah beliau kami undang sebagai nara sumber," akunya.

Fallah menambahkan, diskusi ini berlangsung untuk umum dan bisa diikuti oleh masyarakat umum. Mulai dari pejabat sampai pedagang kaki lima. Fallah berharap, diskusi bisa berjalan baik, dan ada masukkan positif dari peserta diskusi. Sehingga nantinya, bisa dibawa oleh pak Ganjar, ketika memimpin Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com