Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Yogyakarta, Si Chiko Pun Ikut Demo BBM

Kompas.com - 22/06/2013, 03:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Aksi demo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tak hanya dilakukan mahasiswa dan elemen masyarakat. Seekor anjing jenis golden retriever pun ikut turun ke jalan bersama ratusan mahasiswa di titik Nol Kilometer Yogyakarta, Jumat (21/6/2013) malam.

Chiko adalah nama anjing itu. Dia mengenakan baju biru dan kalung bertuliskan SBY. Chiko ikut aksi demonstrasi sejak pukul 17.00 WIB bersama Heppi, tuannya.

Mereka berdua larut dalam aksi mahasiswa yang menggelar mimbar bebas di depan pintu utama Gedung Agung. Ketika ratusan mahasiswa mulai longmarch dari depan Gedung Agung menuju ke titik Nol Kilometer Yogyakarta, anjing berusia 3 tahun ini tetap terlihat berjalan di barisan paling depan.

Spontan, hal tak lazim dalam setiap aksi demo ini menjadi incaran para fotografer untuk mengabadikannya. "Namanya Chiko, dia sudah beberapa kali ikut aksi demo menolak kenaikan (harga) BBM," ujar Heppi, ditemui di sela aksi.

Aksi menolak kenaikan harga BBM yang dlakukan oleh ratusan orang dari berbagai elemen baik mahasiswa, kaum buruh, maupun anak jalanan di Yogyakarta sudah berlangsung sejak pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 21.00 WIB, massa yang sejak sore sudah berkumpul di depan Gedung Agung mulai berjalan ke titik Nol Kilometer Yogyakarta dan memblokade jalan dengan berdiri melingkar.

Ratusan polisi, baik dari kesatuan Lalu Lintas maupun Sabhara, tampak berjaga di sekitar lokasi aksi. Seusai menggelar orasi dan melakukan bakar ban, aksi demo ditutup dengan pembacaan pernyataan sikap. Baru sekitar pukul 23.55 WIB, massa aksi membubarkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com