Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Belum Naik, Tarif Angkutan Sudah Naik

Kompas.com - 21/06/2013, 16:13 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum diumumkan, tetapi para sopir angkutan daerah dan angkutan kota di Polewali Mandar sudah menaikkan tarif secara sepihak.

Mereka beralasan, harga-harga kebutuhan pokok sudah naik, begitu juga dengan harga oli dan onderdil kendaraan.

Sejumlah sopir antardaerah jurusan Pinrang, Makassar, Majene, dan Mamuju misalnya sudah mulai menaikkan tarif kepada para penumpangnya. Tarif angkutan jurusan Pinrang-Polewali-Pinrang yang biasanya Rp 12.000 menjadi Rp 20.000 per penumpang. Bahkan sopir angkutan antarprovinsi menaikkan tarif Rp 25.000.

Para penumpang yang diminta membayar tarif lebih tinggi itu memprotes sopir, tetapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Para penumpang lain yang tidak mau bertengkar dengan sopir pun terpaksa membayar tarif sesuai permintaan sopir.

Meskipun demikian, tidak semua sopir angkutan umum melakukan hal yang sama. Mereka memilih bersabar dan menunggu pengumuman resmi pemerintah soal kenaikan harga BBM dan dari Organda tentang kenaikan tarif angkutan umum.

"Sebenarnya penghasilan dengan tarif normal sudah tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan operasional. Harga oli dan onderdil sudah naik. Belum lagi barang-barang kebutuhan pokok," kata Muhammad, seorang sopir angkutan antardaerah jurusan Polewali-Pinrang, kepada Kompas.com, Jumat (21/6/2013).

Menurut Muhammad, kenaikan harga itu dimulai sejak ada rencana kenaikan BBM beberapa waktu lalu. "Waktu itu harga sudah mulai naik," ujar Muhammad, yang berharap tarif angkutan naik 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com