Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean Kendaraan di SPBU Mulai Mengular

Kompas.com - 21/06/2013, 10:30 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com
 — Menjelang pengumuman kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), antrean panjang kendaraan terlihat di sentra pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, dalam beberapa hari terakhir.

"Kami sudah berjam-jam mengantre di sini, beberapa hari ini begini terus kondisinya," ujar Tomy, salah satu pengemudi becak motor, Jumat (21/6/2013).

Tomy mengaku tidak mempermasalahkan kenaikan harga BBM kalau memang hal itu harus dilakukan. Namun, dia meminta jaminan pasokan BBM di SPBU lancar. "Biar naik harganya, yang penting lancar dan tidak menyiksa seperti ini," keluh Tomy.

Antrean di SPBU Kota Kotamobagu tersebut memang terlihat panjang dan mengular karena mencapai beberapa tikungan jalan. Warga yang ditemui umumnya mengeluhkan keterlambatan pasokan yang disampaikan oleh petugas SPBU.

Sementara itu, di Kota Manado belum terlihat antrean panjang yang berarti. "Ini masih normal-normal saja," ujar seorang pengemudi mikrolet.

Sehari sebelumnya, Kamis (20/6/2013), menanggapi rencana pemerintah menaikkan harga BBM, elemen mahasiswa melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Para mahasiswa ini berorasi menolak rencana pemerintah tersebut.

Merasa orasi yang dilakukan hampir dua jam tersebut tidak ditanggapi anggota Dewan, para pengunjuk rasa lalu memaksa masuk ke dalam ruangan Dewan. Ketika berada di dalam ruangan, mereka tidak menemui satu pun anggota Dewan, sementara lampu serta AC dibiarkan terus menyala.

"Ini sebuah pemborosan dan sikap yang tidak menunjukkan keprihatinan terhadap penderitaan rakyat," teriak seorang pengunjuk rasa.

Para pengunjuk rasa juga sempat mencegat mobil salah satu anggota Dewan yang diduga ingin kabur. Rosmawaty dari Partai Hanura, anggota Dewan tersebut, lalu dipaksa menandatangani sikap penolakan terhadap kenaikan harga BBM di selembar karton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com