Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNGM Selidiki Informasi Adanya Macan Tutul di Sawah

Kompas.com - 07/06/2013, 22:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menurunkan tim investigasi guna memastikan informasi warga Dusun Bawukan, Balerante, Klaten yang melihat tiga ekor macan berjalan di area persawahan pada Kamis (6/6/2013) kemarin. Namun demikian, berdasarkan sifat dasar binatang karnifora itu, TNGM meyakini apa yang dilihat warga bukanlah macan.

Koordinator pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Gunung Merapi ( TNGM) Asep Niakurnia mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dan berkoordinasi dengan Polisi Hutan setempat. Tim juga sudah ke lokasi untuk melakukan investigasi. Dari hasil awal, warga mengaku selama ini belum pernah melihat adanya macan di wilayahnya.

"Macan itu sifat dasarnya menjauhi manusia, karena itu kemungkinan yang dilihat warga bukan macan, melainkan kucing hutan," terangnya, Jumat (7/6/2013).

Ia menjelaskan, saat ini rumput di lereng Merapi sudah tumbuh subur sehingga kesediaan makanan untuk hewan herbifora sudah cukup melimpah. Dari fakta itu kecil kemungkinan hewan karnifora sejenis macan turun ke desa untuk mencari makan.

"Indikasi macan turun untuk mencari makan jelas persentasenya kecil. Kecuali warga tersebut terlalu masuk ke dalam hutan," ujarnya.

Di sisi lain, kata Asep, kemunculan hewan jenis macan bisa menjadi indikator bahwa habitat ekosistem di lereng Merapi sudah kembali normal pascahancur akibat erupsi Merapi 2010 lalu.

"Sebelum Erupsi  2010, di lereng Merapi memang terdapat beberapa jenis hewan termasuk macan tutul dan kumbang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com