Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentari, Zebra Baru Penghuni KBS

Kompas.com - 04/06/2013, 16:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Koleksi Zebra penghuni Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah. Seekor anak Zebra betina dilahirkan Sabtu (1/6/2013) lalu tepat pukul 05.00 WIB pagi. Karena itu, dia dinamakan "Mentari".

Menurut Humas KBS, Agus Supangkat, Mentari dilahirkan dalam persalinan normal di bawah pengawasan petugas medis dan tim kesehatan hewan KBS dengan berat 15 kilogram.

Sayangnya, Mentari belum dapat diperlihatkan kepada seluruh pengunjung. Dia dianggap masih sensitif dari kehadiran manusia, jika sudah dinilai siap beradaptasi, Mentari akan dipindah ke kandang seperti satwa-satwa lainnya.

"Sampai batas waktu yang belum ditentukan, Mentari masih dimasukkan ke kandang secara khusus bersama induknya, dan belum bisa disaksikan langsung oleh pengunjung," katanya, Selasa (4/6/2013).

Mentari menambah koleksi satwa jenis zebra di KBS menjadi dua ekor, yakni Mentari dan induknya, Arusha yang berusia 20 tahun. "Arusha didatangkan KBS dari Berlin, Jerman, sekitar 15 tahun lalu," tambahnya.

Mulanya, Arusha hidup berdua bersama pejantannya bernama Joko yang berusia 10 tahun. Namun, pada pertengahan Mei lalu, Joko ditemukan tidak bernyawa karena menabrakkan tubuhnya ke pagar kandang. Saat itu, usia kehamilan Arusha sekitar 12 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com