Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhaimin Kirim 496 Transmigran dari Tanjung Perak

Kompas.com - 03/06/2013, 13:24 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 496 transmigran yang terbagi dalam 160 keluarga, Senin (3/6/2013), diberangkatkan ke Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Para transmigran asal Jawa Timur dan Jawa Barat itu disebar di sejumlah lokasi, yakni 100 keluarga atau 297 jiwa ke Tanjung Buka, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, 50 keluarga atau 165 jiwa ke Simanggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dan 10 keluarga atau 34 jiwa ke lokasi Watutau, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pengiriman transmigran ke lokasi Tanjung Buka di Kabupaten Bulungan merupakan implementasi kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten Bulungan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

''Penempatan di lokasi ini juga dalam rangka mendukung program Food Estate Kawasan Delta Kayan yang dikembangkan pemerintah setempat didukung Kemenakertrans, BUMN, dan pihak swasta,'' ujar Muhaimin.

Di lokasi program untuk mendukung kawasan produksi pangan itu, kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa ini, tercakup luas areal lebih kurang 50.000 hektar yang tersebar di empat wilayah kecamatan.

Setiap tahun, Kemenakertrans melaksanakan program transmigrasi kepada 10.000 keluarga. Sebagian besar dari mereka berasal dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur dan Jawa Barat. ''Kami juga menjamin kebutuhan hidup mereka selama lima tahun di lokasi yang baru,'' kata Muhaimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com