Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Adat Dayak Ingin Kotim Selalu Kondusif

Kompas.com - 03/06/2013, 03:36 WIB

SAMPIT, KOMPAS.com - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengajak masyarakat selalu tenang dan menjaga kondisi daerah yang saat ini dinilai sudah sangat kondusif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh hasutan-hasutan pihak yang tidak bertanggung jawab dan ingin mengganggu kondisi keamanan. Daerah kita ini sudah kondusif, jadi harus kita jaga. Kita jangan mau diadu domba. Urusan pribadi atau keluarga orang jangan dikait-kaitkan dengan politik," tegas Ketua DAD Kabupaten Kotim, Hamidhan IJ Biring, di Sampit, Minggu (2/6/2013).

Pernyataan itu disampaikan Hamidhan menyikapi makin dekatnya pemilu legislatif serta kemungkinan munculnya isu-isu menyesatkan yang bisa mengganggu kinerja pemerintah daerah dan ketenteraman masyarakat.

Dia berharap masyarakat berpikir positif dan bisa menelaah semua permasalahan yang terjadi. Masyarakat diminta tidak mudah mengambil kesimpulan tanpa melihat fakta-fakta yang ada secara berimbang.

DAD berharap bupati dan Pemerintah Kabupaten Kotim tetap berkonsentrasi menjalankan tugas untuk membangun daerah. Masyarakat akan terus mendukung kinerja pemerintah dalam membangun daerah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap bupati mengarahkan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) fokus bekerja untuk kepentingan masyarakat. Bupati harus tetap menunjukkan kinerja seperti sekarang ini, yaitu bekerja maksimal untuk membangun daerah," harap Hamidhan.

Secara kelembagaan, DAD Kotim sangat mendukung upaya pemerintah daerah meningkatkan komunikasi dengan masyarakat hingga ke pelosok. Dengan begitu, pemerintah daerah akan lebih mengetahui aspirasi masyarakat sehingga bisa menuangkannya dalam kebijakan daerah.

"Kami DAD siap membantu pemerintah daerah jika ingin mengadakan dialog lebih banyak dengan masyarakat. DAD di setiap kecamatan bisa menyiapkan forum dialog yang nantinya juga bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk meningkatkan komunikasi dengan masyarakat," ujar Hamidhan.

Harapan serupa juga disampaikan Hamidhan didampingi Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Kotim yang juga Wakil Ketua Barisan Pertahanan Masyarakat Adar Kabupaten Kotim, Pungkau Canang. Dia mendukung pemerintah daerah untuk bekerja keras dalam mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi.

Pungkau meyakinkan bahwa masyarakat selalu mendukung pemerintah daerah dalam membangun daerah karena tujuannya juga untuk masyarakat. Lembaga-lembaga adat siap membantu pemerintah daerah dalam membangun daerah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com