Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Selatan Jateng Macet akibat Jalan Ambles

Kompas.com - 03/06/2013, 02:45 WIB

CILACAP, KOMPAS.com  Arus kendaraan di jalur selatan Jawa Tengah, khususnya ruas Majenang hingga batas Jawa Barat, dilaporkan mengalami kemacetan akibat adanya jalan ambles di Cikukun, Kabupaten Cilacap.

Salah seorang warga Majenang, Yadi (32), Senin (3/6/2013) dini hari, menginformasikan, sebagian badan jalan di ruas Cikukun turun (ambles) pada hari Minggu (2/6/2013) sekitar pukul 23.00 WIB akibat adanya pergeseran tanah.

"Tanahnya bergeser akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah ini sejak Minggu petang hingga malam sehingga sebagian badan jalan ambles," kata dia melalui saluran telepon yang diterima Antara di Cilacap.

Selain itu, kata dia, di sekitar lokasi, juga terdapat retakan-retakan tanah sehingga badan jalan dikhawatirkan semakin ambles. Akibat kondisi tersebut, arus kendaraan yang melintas di ruas Cikukun dari arah Majenang maupun Kota Banjar, Jawa Barat, mengalami kemacetan yang cukup panjang. "Saat ini, petugas memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut," katanya.

Sebelumnya, kata dia, di ruas jalan itu, ada dua titik ambles, salah satunya sudah diperbaiki dan yang lainnya masih dalam tahap perbaikan. "Kondisi tanah di ruas Cikukun memang sangat labil sehingga sering ambles kalau terjadi hujan lebat," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Teknis Bina Marga Wilayah Cilacap Edy Gunawan belum bisa dikonfirmasi terkait penanganan ruas jalan yang ambles tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com