Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Warga Kendal Dapat Pengobatan Gratis

Kompas.com - 30/05/2013, 15:16 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama PT Kalbe Farma Tbk memberikan pengobatan gratis kepada 2.000 warga Desa Gempol Sewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kegiatan itu dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pesisir atau nelayan.

Kegiatan itu digelar di Balai Desa Gempolsewu, Kamis (30/5/2013). Kegiatan itu dihadiri Direktur Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengembangan Usaha KKP Ansori Zawawi, Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Ahmad Mujib Rohmat, Senior Officer Corporate Social Responsibility PT Kalbe Farma Tbk Victor Taruli, dan Bupati Kendal Widya Kandi Susanti.

Ahmad Mujib Rohmat mengatakan, pelayanan kesehatan masyarakat pesisir merupakan bagian dari program Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP) KKP. P3MP bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat pesisir dalam menghadapi masalah sosial, budaya, lingkungan, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. "Pengobatan gratis itu tidak sekadar mengobati fisik masyarakat, tetapi juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pesisir tentang pentingnya kesehatan dan menjaga lingkungan," kata Mujib.

Victor Taruli mengemukakan, PT Kalbe Farma Tbk sangat peduli dengan kesehatan masyarakat. Hal itu selaras dengan tanggung jawab sosial perusahaan yang berfokus pada inovasi untuk Indonesia yang lebih sehat dan program Kalbe Berbagi Kesehatan.

Pelayanan kesehatan itu didukung 30 tenaga medis dari KKP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal. Kalbe menyediakan 124 jenis obat untuk diberikan gratis kepada warga sesuai dengan keluhan penyakitnya.

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti berharap kegiatan sosial tersebut digelar secara rutin. Dia juga meminta KKP memperhatikan persoalan-persoalan nelayan di Kendal, seperti ketersediaan solar, infrastruktur, dan pengolahan ikan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com