Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Posyandu, Warga Timbang Balita di Bawah Pohon

Kompas.com - 29/05/2013, 18:18 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Warga Kampung Kofin, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur terpaksa menimbang dan imunisasi balita di bawah pohon karena tidak memiliki bangunan Posyandu.

Kepala Desa Tasinifu, Milikior Kofi kepada Kompas.com, Rabu (29/5/2013) mengatakan, warga di desanya sudah terbiasa melakukan timbang badan di bawah pohon yang teduh dengan peralatan timbang yang masih tradisional.

"Dalam musrembangdes, kita sudah berulang kali mengajukan permintaan bangunan posyandu kepada dinas kesehatan dan juga melalui program PNPM. Namun sampai saat ini belum juga diperhatikan. Menurut pemerintah daerah, semua itu akan terlaksana pada tahun 2014 nanti," jelas Milikior.

"Selama ini, dalam kegiatan Posyandu, karena tidak memiliki bangunan yang permanen, maka kami selalu beraktivitas di bawah pohon. Sementara kalau pada musim hujan, terpaksa kami harus meminjam rumah warga," sambungnya.

Milikior berharap pemerintah bisa memberi perhatian yang serius, khususnya di bidang kesehatan masyarakat, karena desanya sangat terisolasi.

"Selain bantuan di bidang kesehatan, kami juga meminta perhatian pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur jalan. Karena desa kami ini kalau musim hujan, akan sulit dilalui. Desa kami ini berbatasan langsung dengan Desa Nitib, Oekusi, Timor Leste," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com