Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Sanca 4 Meter Berkeliaran di Jalan Cipaganti

Kompas.com - 29/05/2013, 12:02 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Ular sanca sepanjang 4 meter seberat 20 kilogram ditemukan dan berkeliaran bebas di area rumah milik Yulifah (60), Jalan Cipaganti Nomor 70, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/5/2013). Tak diketahui dari mana datangnya ular itu. Tubuhnya menyembul diduga ular itu memakan seekor kucing.

Yulifah, yang juga sebagai pemilik Hotel Puri Cipaganti, Bandung, mengaku kaget saat awal mengetahui keberadaan ular itu. Ular berada di depan matanya sekitar pukul 18.40 setelah pertama kali ditemukan pembantunya. "Ketika itu, saya mau ke kamar mandi, tiba-tiba terdengar ada suara entah dari mana, 'brug, suaranya begitu. Lumayan keras suaranya. Saya heran, itu, suara apa ya? Seperti ada sesuatu yang jatuh di sekitar rumah saya. Saya menyuruh pembantu saya untuk mencari sumber suara dan melihat apa yang terjadi. Pas ditemukan ternyata ular besar. Saya dan pembantu kaget," kata Yulifah.

Yulifah mengatakan, ular jatuh ke lantai yang ada di halaman rumahnya. Ular itu merayap ke atap. "Saya kaget, terkejut, segala macam rasa ada. Perasaan selama ini saya tidak pernah memelihara ular," ujarnya.

Yulifah langsung bergegas menghubungi petugas Rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung dan juga menghubungi orang-orang terdekatnya di kantor Hotel Puri Cipaganti untuk membantu menangkapnya.

Satu regu petugas Rescue langsung meluncur ke lokasi untuk membantu penangkapan ular itu. Salah satu anggota petugas Rescue, Iwan Irawan Lumintang, mengatakan, ketika itu ular disergap, 8 anggota Rescue sempat diserang. "Kami membutuhkan cukup banyak waktu untuk menangkapnya. Ular yang pada saat itu ada di atas, kami putuskan untuk menghancurkan atap, kemudian jatuh. Beberapa menit setelah jatuh ke bawah, kami coba pegang ekornya, setelah itu kepalanya, kemudian kita kunci. Sebelumnya, ular sempat menyerang kepada kami, tetapi akhirnya berhasil kami taklukan," kata Iwan.

Disebutkan Iwan, terlihat dari tubuh ular itu ada sesuatu yang menyembul. Diduga ular itu memakan kucing milik Yulifah karena kucing di rumah itu hilang. "Soalnya ada yang menyembul di bagian perutnya, ditambah lagi pemilik rumah mengaku kehilangan kucing," katanya.

Petugas memasukkan ular itu ke dalam kantong besar dan dibawa ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Bandung untuk selanjutnya akan dikandangkan di Kebun Binatang Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com