Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basmi Geng Motor, Polisi Bone Sisir Sekolah

Kompas.com - 22/05/2013, 19:39 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Untuk membasmi geng motor, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Bone, Sulawesi Selatan menyisir sekolah di daerah itu, salah satunya SMAN I Ulewang, Kabupaten Bone, Rabu (22/5/2013).

Dalam kegiatan itu, aparat kepolisian menggelar sosialisasi tertib berkendara dan penyuluhan tentang geng motor. Polisi juga mengajak guru sekolah turut terlibat menjaga ketertiban kendaraan para pelajar di sekolahnya.

Aparat kepolisian pun memeriksa kendaraan para pelajar dengan melibatkan guru serta patroli keamanan sekolah (PKS) di gerbang SMAN 1 Ulaweng. Siswa yang kendaraannya tidak lengkap pun diberi teguran.

"Ini adalah salah satu bentuk untuk mengantisipasi adanya geng motor yang meresahkan di Kabupaten Bone, sekaligus melaksanakan sosialisasi tentang tata cara berlalu lintas yang baik. Sesuai dengan perintah Kapolda untuk menindaklanjuti perintah Kapolri tentang upaya pencegahan geng motor dan sosialisasi Undang-Undang Lalu Lintas," jelas Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Bone AKP Hery Novianto yang memimpin langsung kegiatan tersebut.

Ia menyebutkan, pihaknya akan terus menggelar kegiatan semacam ini di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bone guna menekan jumlah kecelakaan dan pelanggaran di Kabupaten Bone. Menurutnya, kegiatan rutinnya itu guna mengajak sekolah lain bergerak menjaga ketertiban lalu lintas dan tidak terlibat dalam komunitas yang meresahkan masyarakat.

Sementara itu sejumlah pelajar yang telah mendapatkan informasi terkait dengan tata tertib serta kegunaan mematuhi rambu lalu lintas mengaku bahwa selama ini belum mengetahui tentang fungsi dari aturan tersebut.

"Setelah saya ikut ternyata banyak sekali manfaatnya kalau kita patuhi aturan berkendara," kata Rafli, salah seorang pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com