Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Seniman Diusulkan Jadi Nama Jalan Tol Bali

Kompas.com - 18/05/2013, 15:18 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com - Akademisi Universitas Udayana Prof I Nyoman Darma Putra mengusulkan nama jalan tol pertama di Bali yang akan segera rampung diberikan nama dengan nama seniman I Wayan Lotring (1898-1983).

Alasan mengabadikan nama Lotring sebagai nama jalan tol Benoa-Bandara-Nusa Dua itu, karena Lotring adalah mahaguru tari dan tabuh Bali yang berjasa dalam pengembangan seni budaya Bali.

"Lotring yang berasal dari Kuta, Badung, merupakan seniman besar Bali yang banyak mendidik seniman lokal dan seniman luar negeri," ujar Darma Putra di Denpasar, Sabtu (18/5/2013).

Salah satu maestro musik etnik asal Kanada, Collin McPhee, merupakan contoh seniman internasional yang belajar musik dari Lotring. "Bali adalah daerah wisata budaya dan penamaan jalan tol yang akan banyak dilalui turis sebagai Jalan Wayan Lotring akan menimbulkan rasa bangga atas pahlawan budaya Bali," jelas Darma Putra.

Tol yang menghubungan Benoa dengan Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua tersebut melintas di atas perairan dengan pemandangan sangat indah. Rencananya Jalan Di Atas Perairan (JDP) ini sudah bisa dilalui kendaraan akhir Juni mendatang.

Selain I Wayan Lotring, nama lain yang diusulkan untuk nama jalan tol Bali oleh sejumlah kalangan adalah Jalan Soekarno-Hatta, Jalan I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, atau I Gusti Nyoman Lempad (pelukis besar Bali abad ke-20), hingga Made Mangku Pastika, sebagai gubernur dan putra Bali yang berhasil membongkar kasus bom Bali 2002.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com