Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Batu Bangun Monumen Munir

Kompas.com - 15/05/2013, 11:42 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur segera membangun monumen Tugu Pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Tholib. Dibangunnya Tugu Munir untuk mengenang perjuangan Munir yang dinilai patut dicontoh oleh warga Kota Batu dan rakyat Indonesia umumnya.

Pembangunan Monumen Munir itu adalah janji Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Adapun, tempat yang dipilih untuk penempatan Tugu Munir di Taman Kota Batu di Jalan Sultan Agung, yang baru dibangun dan menelan dana APBD 2012 senilai Rp 2,8 miliar.

Menurut Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Rabu (15/5/2013), Monumen Munir akan segera dibangun di tahun 2013 ini. "Konsep pembangunan Tugu Munir masih dalam proses. Lokasinya juga strategis, yakni di hutan kota," kata Eddy.

Pemkot Batu pun sudah berkomunikasi dengan pihak keluarga almarhum Munir. "Pihak keluarga meminta agar tidak dalam bentuk patung Munir. Tapi monumen yang bisa memberi semangat layaknya semangat Munir dalam berjuang kemanusiaan," kata Eddy.

Sementara itu, di tempat berbeda, seniman Kota Batu Junaed yang mendapat mandat untuk menggarap desain monumen tersebut mengaku membuat beberapa konsep monumen Munir. "Konsepnya masih saya garap. Saya coba menerjemahkan konsep yang diminta oleh Wali Kota Batu. Yang jelas bukan berupa patung. Bisa simbol semangat yang lahir dari sosok Munir," kata Junaed.

Pemeliharaan monumen tersebut nantinya akan ditangani Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemkot Batu. "Semoga monumen Tugu Munir itu akan membawa semangat baru bagi warga Batu dalam memperjuangkan HAM," kata Junaed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com