Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga Cipatujah Keracunan Makanan

Kompas.com - 15/05/2013, 11:06 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Sampai Rabu (15/5/2013) pagi ini, tercatat sebanyak 101 warga Kampung Cigaru, Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, mendapatkan perawatan di puskesmas setempat akibat keracunan makanan.

"Sampai pagi ini tercatat 101 warga di Cipatujah yang keracunan makanan, mereka dirawat di puskesmas Cipatujah sekarang," terang Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan Tasikmalaya, Sudana, melalui sambungan telepon, Rabu pagi.

Menurut Sudana, ratusan warga sekampung tersebut diduga keracunan makanan dari acara hajatan khitanan dan tahlilan salah seorang warga setempat pada Selasa kemarin. Makanan yang disantap berupa nasi kotak yang dibagikan kepada seluruh tamu undangan.

"Pasa pasien awalnya muntah-muntah dan buang air besar disertai pusing. Mereka mengaku terasa seperti itu setelah menyantap nasi kotak di hajatan khitanan di kampung setempat," kata dia.

Warga yang keracunan mulai dari anak-anak sampai dewasa. Mereka sebagian besar dirawat inap di puskesmas dengan diberikan infusan. Bahkan, pihaknya pun telah mengambil sampel makanan untuk diteliti.  "Kami sudah mengambil sampel untuk diteliti di laboratorium, ini KLB terbesar yang pernah terjadi selama ini," tambah dia.

Sementara, Kepala Polsek Cipatujah AKP Pomo Sutrisno menyatakan, pihaknya telah meminta keterangan saksi dan barang bukti untuk diselidiki lebih lanjut. Selanjutnya, polisi akan menunggu terlebih dahulu hasil uji laboratorium. "Nanti akan diketahui apakah ini ada unsur kesengajaan atau bukan, dan apakah keracunan berasal dari makanan hajatan ini atau bukan?" kata Pomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com