Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Imigran Gelap Dibekingi Oknum Kemenkum HAM

Kompas.com - 09/05/2013, 17:27 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Aparat Satuan Reskrim Kepolisian Resort (Polres) Gowa mengamankan puluhan imigram gelap asal Iran di sebuah ruko di Jalan Hertasning Baru, Kabupaten Gowa, Rabu (8/5/2013) malam.

Namun, diketahui bahwa imigran gelap tersebut justru dibekingi oknum pegawai Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Makassar. Kepala Satuan Intelkam Polres Gowa Ajun Komisaris Syawal Yusuf yang dikonfirmasi, Kamis (9/5/2013), mengatakan, penangkapan puluhan imigran dilakukan setelah petugas mendapatkan informasi dari warga sekitar.

"Ada puluhan yang kami tangkap dan telah diserahkan ke kantor Imigran di Daya, Makassar," katanya.

Informasi yang diperoleh wartawan di tempat kejadian perkara, puluhan imigran diduga dibekingi oleh seorang pegawai Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Makassar berinisial Mus. Imigran tersebut dari Iran dan tiba di Kota Makassar menumpang pesawat.

Setelah tiba di Kota Makassar, puluhan imigran gelap lalu dibawa dan ditampung di Kabupaten Gowa. "Imigran ini tiba di Bandara Hasanuddin, Rabu (8/5/2013) sekitar pukul 15.00 Wita dan tiba di tempat ini sekitar pukul 15.30 Wita dengan menggunakan mobil Avanza," ungkap Syawal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com