Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Kembali Pesona Kota Lama dari Noeri's Cafe

Kompas.com - 03/05/2013, 18:22 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

KOMPAS.com— Membangunkan pesona Kota Lama yang mulai memudar bukan persoalan mudah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun, usaha pelestarian terus dilakukan sekelompok kecil komunitas dengan berbagai cara.

Salah satunya menata kembali bangunan dan menjadikannya sebagai tujuan wisata kuliner atau galeri seni. Misalnya, usaha kafe dengan mempertahankan bangunan aslinya.

Noeri's Cafe yang dibangun dengan kesadaran pelestarian dan dikonsep sebagai alternatif baru ruang publik di Kota Lama adalah sebuah contoh.

Beragam persoalan yang mengitari kawasan Kota Lama, seperti banjir dan pasang air laut menjadikan pengusaha enggan berinvestasi di lokasi tersebut. Kemauan untuk melestarikan kembali Kota Lama yang pernah sangat metropolis saat itu membuat Wawan Nugros dan Acong mengawali ide untuk menghidupkannya.

"Ide pembukaan kafe ini lebih dilandasi kecintaan pada Kota Lama yang semakin terancam keberadaannya," kata Wawan dalam perbincangan, Jumat (3/5/2013).

Melalui komunitasnya itu, Wawan membuat kafe yang menawarkan suasana tempo doeloe. Dari sisi interior, bangunan bekas gudang ini dipajangi beragam barang antik dari iklan enamel kuno, hingga perabot masa lalu. "Saya ingin membangun kembali imajinasi pengunjung akan Kota Lama yang dulunya sebuah pusat kota modern," jelas Wawan.

Bangunan ini juga akan difungsikan sebagai tempat diskusi untuk penyelamatan Kota Lama.

Menurut Wawan, Kota Lama juga merupakan indentitas Kota Semarang yang penting untuk dipertahankan dan membutuhkan pengakuan dari dunia luar seperti UNESCO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com