Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamongan Targetkan Retribusi PJU Rp 19 Miliar

Kompas.com - 30/04/2013, 19:03 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com - Kontribusi retribusi Penerangan Jalan Umum di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada 2012 mencapai Rp 20 miliar, dari target Rp 17 miliar. Pada 2013 ditargetkan sebesar Rp 19,2 miliar.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Mochammad Wahyudi, Selasa (30/4/2013), menyatakan, pengelolaan Penerangan Jalan Umum (PJU) dikelola oleh pemerintah daerah. Angaran yang disediakan untuk pembayaran PJU sebesar Rp 1,4 miliar. Pengadaan PJU dianggarkan Rp 1,5 miliar - Rp 2 miliar. Alokasi anggaran pemeliharaan sebesar Rp 700.000-Rp 800.000 per tahun.

Asisten Tata Praja Kabupaten Lamongan, Rusgianto, menambahkan, sampai dengan saat ini PJU yang menggunakan KWH meter sebanyak 191 unit dan yang belum menggunakan KWH meter 198 unit. Sebanyak 70 PJU lainnya menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED) yang lebih hemat energi.

"Pemasangan meter sendiri bertujuan untuk menghemat, dan dimaksudkan agar tidak terjadi perselisihan tentang jumlah pembayaran antar PT PLN dan pemerintah daerah," kata Rusgianto, kepada rombongan Komisi C DPRD Kota Malang yang berkunjung ke Lamongan.

Sebanyak 13 orang Komisi C DPRD Kota Malang dipimpin Arif Dharmawan, studi banding terkait pengelolaan PJU. Menurut Arif Dharmawan, pengelolaan PJU di Kota Malang sampai sekarang masih belum tuntas, data-datanya pun belum jelas. Pemasukan dari PJU di Kota Malang mencapai Rp 24 miliar-Rp 25 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com