Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Granat Aktif Ditemukan di Proyek Jalan Layang

Kompas.com - 29/04/2013, 19:55 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Seorang pemulung menembukan sebutir granat jenis nanas di sungai yang jaraknya sangat dekat dengan proyek jalan layang (fly over) Pasar Kembang Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/4/2013). Tim gegana dengan cepat mengamankan granat itu setelah diketahui granat itu ternyata masih aktif.

Kapolsek Sawahan, Kompol Manang Soebekti membenarkan temuan granat aktif itu. ''Sudah diamankan Gegana Polda Jatim, kalau tidak sangat bahaya, karena posisinya sangat dekat dengan proyek fly over Pasar Kembang,'' ujarnya.

Granat itu, kata Manang, ditemukan oleh seorang pemulung yang tengah menyisir sungai dengan menggunakan magnet. ''Dia kaget, ada benda asing bulat yang menempel di magnet, setelah tahu bahwa itu granat, dia pun melapor ke polisi,'' jelasnya.

Granat itu dipastikan masih aktif, karena kait penguncinya masih ada. Manang mengatakan, polisi juga sempat menyisir area sepanjang sungai di wilayah Kelurahan Banyu Urip, Surabaya itu. Namun hasilnya nihil.

Lokasi sungai itu berada di beberapa meter dari lokasi proyek jalan layang Pasar Kembang Surabaya yang kini masih dalam proses pengerjaan. Jalan layang yang dibangun dengan investasi sekitar Rp 122,95 miliar tersebut kini progres fisiknya mencapai lebih dari 25 persen.

Pembangunan jalan layang diperlukan untuk memperlancar arus lalulintas yang ada di simpang sebidang di kawasan Pasar Kembang. Lokasi pekerjaan fly over yang membentang pada Jalan Diponegoro dan Jalan Pasar Kembang, serta melewati persimpangan Banyu Urip tersebut terbentang sepanjang 775 meter dengan lebar 17 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com