Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang TKW Asal Gunungkidul Menghilang

Kompas.com - 25/04/2013, 21:33 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia, Istianti (30) asal Dusun Nglengkong, Gedangsari, Gunungkidul, sampai saat ini tidak diketahui keberadaanya setelah bekerja tujuh tahun di Jordania.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Gunungkidul Dwi Warno Widi Nugroho mengatakan, awalnya bank lokal Jordania menyatakan sebuah rekening atas nama Istianti tidak pernah bertransaksi sejak beberapa tahun terakhir. Hal itu disampaikan kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia.

"Petugas bank tersebut mencari nasabah ke rumah majikannya, tetapi menurut majikan, (Istiyanti) sudah kembali ke Indonesia sejak tahun 2006," ujarnya, Kamis (25/4/2013).

Ia menjelaskan, setelah mendapatkan informasi tersebut pihaknya lantas menelusuri TKW ini ke Gedangsari dan memperoleh keterangan jika Istianti berangkat dari sebuah perusahaan penyalur tenaga kerja di wilayah Jakarta.

"Dari hasil penelusuran diketahui Istianti berangkat tidak melalui jalur resmi dan itulah yang membuat penelusuran menjadi sulit," ujarnya. 

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, tahun 2006 Istianti sudah pernah pulang, tetapi menginap di rumah kerabat. Dia kemudian berangkat lagi ke luar negeri. Sejak keberangkatanya itu sampai sekarang, perempuan ini tidak diketahui keberadaannya.

"Kami akan terus berkoordinasi untuk mencari keberadaannya," ujarnya. 

Dwi Warno berharap jika ada yang hendak bekerja ke luar negeri sebaiknya mendaftar melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi sehingga pemerintah bisa memiliki datanya. Jangan lewat jalur yang tidak resmi.

"Sebaiknya keluarga TKI memberikan keterangan ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi jika ada keluarganya yang berangkat keluar negeri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com