Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kartini, PMII Demo Kritisi Pilgub Jateng

Kompas.com - 21/04/2013, 15:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Di saat orang gegap gempita menyambut Hari Kartini, ratusan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Magelang, Purworejo, Temanggung, dan Wonosobo yang tergabung dalam PMII Danyangsumbing justru menggelar aksi damai.

Mereka menolak segala bentuk politik uang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng pada Mei 2013 mendatang. Koordinator Umum Aksi dari PMII Magelang, Muhammad Aswadi menyatakan dari aksi tersebut mereka ingin mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan benar.

Mereka juga menyatakan menolak segala bentuk politik uang. Serta menolak pelaksanaan Pilgub yang tidak transparan dan menuntut netralitas pegawai negeri (PNS).

Aksi damai yang digelar di persimpangan Artos Mall Magelang itu, dihadiri sekitar 100 orang kader yang turun ke jalan menyampaikan aspirasi mereka yag disertai juga dengan aksi teatrikal.

Dalam aksi itu, mereka juga berpesan kepada masyarakat agar tidak selalu berpikir pragmatis. Tidak mudah terpangaruh dengan iming-iming uang dan rela menjual suara. "Begitu pula dengan para pejabat pun sudah seharusnya mulai mengajarkan pendidikan politik bagi rakyatnya, bukan malah membodohi," tandasnya disela-sela aksi, Minggu (21/4/2013).

Kendati demikian, PMII menyatakan mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilgub. PMII juga akan turut mengawal dan menyukseskan Pilgub agar tidak sampai pesta demokrasi Jawa Tengah itu hanya dijadikan ajang konflik sebagaimana yang terjadi di beberapa daerah akhir-akhir ini.

Rozakul Yazid, perwakilan dari PMII Temanggung menambahkan, aksi damai ini juga bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Harlah ke-53 PMII. Peringatan sendiri digelar oleh PC PMII Magelang dengan diisi acara temu alumni dan refleksi Harlah di Joglotani, Kamal, Sawangan.

"Acara ini diikuti segenap alumni PMII Magelang dan PMII Danyangsumbing yang diawali dengan Mujahadah bersama dan dilanjut refleksi. Lalu diisi juga diskusi dengan narasumber Syaiful Sastro yang juga alumni PMII Magelang," kata Yazid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com