Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naskah Soal Belum Tiba, UN SMP Terancam Ditunda

Kompas.com - 21/04/2013, 13:54 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, yang direncanakan akan dimulai pada 22-25 April 2013, terancam tertunda. Hal ini akibat naskah soal UN yang belum juga tiba hingga Minggu soang (21/4/2013).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten TTU, Vinsensius Saba mengaku belum mengetahui kapan naskah UN itu datang. "Belum ada informasi dari provinsi maupun pusat terkait pengiriman logistik naskah UN itu. Kami juga belum tahu pasti, sebab soal ujian hingga sekarang ini belum juga tiba di kantor," kata Vinsensius.

Selain itu, menurut Vinsensius,  jadwal UN juga belum ada kepastian kapan akan berlangsung, sehingga diperkirakan akan terjadi penundaan lagi seperti yang terjadi pada SMA dan SMK.

Untuk Kabupaten TTU, lebih dari 3.000 siswa SMP kelas IX yang bakal mengikuti UN. Mereka tersebar di 78 SMP yang ada di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

Saba mengatakan, informasi yang diperoleh dari pihaknya tidak hanya TTU yang belum menerima naskah, tetapi terdapat 10 kabupaten dan kota lainnya yang juga belum menerima naskah soal adalah Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Belu, Rote Ndao, Sabu Raijua, Nagekeo, Manggarai Timur, Manggarai Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Barat Daya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com