Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusli Zainal Tuding Wagubnya Dalangi Demo Mahasiswa?

Kompas.com - 16/04/2013, 20:40 WIB
Syahnan Rangkuti

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Konflik antara Gubernur Riau, Rusli Zanal dan Wakilnya Mambang Mit, tampaknya semakin terbuka dan memanas.

Dalam pertemuan kepala daerah se-Riau di Pekanbaru, hari Selasa (15/4/2013) di Pekanbaru, secara terang-terangan, Rusli menuding demo mahasiswa - yang memintanya mundur dari jabatan dan ditahan oleh KPK beberapa hari lalu - didalangi oleh seseorang yang ingin cepat menjadi gubernur

Tudingan itu jelas mengarah kepada Mambang Mit. Asumsinya, apabila Rusli ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi - dalam kasus suap PON dan penyalahgunaan izin Hutan Tanaman Industri - maka secara otomatis Mambang akan menduduki kursi Rusli.

"Saya tahu siapa dalangnya," tuding Rusli.

Mambang Mit yang berada di lokasi acara itu merasa tudingan Rusli memang ditujukan kepada dirinya. Menurut Mambang, yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Riau, tudingan itu bukan pertama kalinya dilontarkan Rusli. Setidaknya, Rusli menyampaikan hal sama dalam pertemuan keluarga Sulawesi Selatan di Hotel Grand Central Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

"Ini yang kedua kalinya beliau melontarkan pernyataan seperti itu. Saya kira hal ini bisa berkembang menjadi fitnah. Saya malah meminta beluau menyebutkan saja siapa yang dimaksudnya sebagai dalang demo mahasiswa itu," kata Mambang.

Tony Hidayat, salah seorang pengurus DPD Partai Demokrat Riau yang dihubungi secara terpisah menganggap tudingan Rusli merupakan hal yang serius. Dia juga meminta Rusli mengungkapkan saja secara terbuka, siapa dalang demo yang dimaksudnya.

" Dari rekam jejaknya selama ini, tidak mungkin pak Mambang mendalangi demo mahasiswa. Itu bukan tipenya dan rakyat Riau tau itu. Semestinya dalam kondisi seperti sekarang ini, gubernur dapat bersikap sebagai seorang negarawan agar tidak terjadi perpecahan di tengah masyarakat Riau," ujar Tony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com