Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Tahanan Kabur dari Lapas Salambue

Kompas.com - 09/04/2013, 21:20 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Satu lagi tahanan kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Salambue, Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2013). Total tahanan yang kabur dari Lapas ini dalam kurun waktu dua bulan terakhir menjadi empat orang.

Tahanan terakhir yang kabur adalah Agustinus Harefa (18), warga Sigalangan, Batang Angkola, Tapanuli Selatan. Agustinus berstatus tersangka kasus pencurian titipan Polres Tapanuli Selatan. Dia baru semingg ditahan di Lapas Salambue.

"Kepala Lapas Salambue itu sudah bilang sama saya. Alasan kabur karena personel kurang. Kami akan pelajari sistem di sana," kata Kepala Divisi Lapas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Sumatera Utara Amran Silalahi saat dihubungi wartawan via telepon seluler, Selasa malam.

Informasinya, Agustinus melarikan diri setelah menjebol plafon dan memanjat tembok menggunakan tali. Namun, Amran mengaku belum mengetahui pasti kronologinya. Dia mengatakan, tim Kanwil Kemenkum HAM akan turun ke Padangsidimpuan untuk mencari tahu kronologi dan modus pelaku. Apalagi, 10 hari sebelumnya, tepatnya Minggu (31/3) lalu, tiga tahanan kasus narkoba, yaitu Marihot Tampubolon, Rahmad Bangun, dan Nurdin Simanjuntak, juga melarikan diri.

"Agar kronologinya jelas, tim Kanwil turun ke sana. Kami ingin mengetahui apa yang terjadi. Kalau kelemahan sistem di Lapas Salambue akan dianalisis dan dibenahi," kata Amran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com