Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terombang-ambing 21 Hari di Laut, Dua Nelayan Selamat

Kompas.com - 03/04/2013, 21:11 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Dua nelayan asal Labuhan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Barat diselamatkan setelah selama 21 hari terombang-ambing di perairan Pulau Buru, Maluku.

Kedua nelayan terjebak di tengah laut saat mencari ikan tuna di Laut Banda, Maluku. Mereka Kapal kayu dengan kekuatan 1 gross ton yang ditumpangi mereka mengalami kerusakan mesin.

Kepala Subseksi Operasi Kantor SAR Kelas B Kendari, Basrano mengatakan dua nelayan asal Labuhan Bajo bernama Nasto Nausin (27) dan Rahmat Tao Arisun (19), itu kemudian dibawa ke Pelabuhan Samudra Kendari.

"Jam 8 pagi hari ini kami baru dapat informasi soal ada dua nelayan yang hilang sejak 21 hari di Laut Banda dari pihak Pelabuhan Samudera Kendari. Ternyata dua nelayan itu sudah berada diselamatkan oleh KM Usran Jaya yang melintas di perairan itu. Lalu kedua nelayan dibawa ke kantor SAR Kendari," terangnya saat dihubungi, Rabu (3/4/2013) sore.

Mereka diselamatkan awak KM Usran Jaya pada pukul 11.00 Wita, tanggal 23 Maret 2013. Selanjutnya, kedua nelayan itu diserahkan ke pihak Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara untuk dipulangkan.

"Jadi kami memproses kepulangan mereka, kemudian dua nelayan kami serahkan ke Dinas Sosial agar mereka bisa pulang di kampungnya di Labuhan Bajo, NTT karena kewenangan bantuan kemanusian seperti pengungsi dan lain-lain ditangani oleh Dinas Sosial," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com