Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Telepon Pos Pengamatan Gunung Guntur Dicuri

Kompas.com - 03/04/2013, 20:35 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengungkapkan, kabel sambungan telepon di pos pengamatan gunung Guntur Kabupaten Garut dicuri orang tak bertanggung jawab beberapa waktu lalu.

Pencurian tersebut terungkap ketika Surono tidak dapat menghubungi pesawat telepon di pos pengamatan gunung Guntur untuk mengetahui aktivitas vulkanik Gunung Guntur yang ternyata telah meningkat sejak 3 bulan lalu.

Ia mengetahui pencurian tersebut saat menghubungi anggotanya melalui telepon seluler.

"Waktu saya konfirmasi tentang Gunung Guntur, tahunya enggak bisa. Kata petugas di sana, kabel teleponnya dicuri orang," ujar Surono saat ditemui di kantor PVMBG Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (3/4/2013).

Selain kabel telepon, lanjut Surono, beberapa alat penunjang listrik seperti solar panel pun tak luput dari aksi tangan jahil. " Solar panel juga hilang," ucapnya.

Kendati demikian, hilangnya beberapa barang tersebut tidak sampai mengganggu jalannya proses pemantauan gunung Guntur yang saat ini tengah meningkat aktivitas vulkaniknya.

Peralatan utama pemantauan gunung Guntur seperti seismograf, tilt meter (pemantau deformasi), dan GPS masih lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com