Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Bagi Al Quran untuk 960 Siswa Kendal

Kompas.com - 29/03/2013, 15:23 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Muhamad Nuh membagi-bagi Al Quran kepada semua siswa SMK NU 01 Kendal, Jawa Tengah, Jumat (29/3/2013). Pembagian Al Quran kepada 960 siswa itu, bertujuan supaya siswa mau membacanya, sehingga bisa menjadi anak yang saleh.

"Dengan banyak membaca Al Quran, para siswa bisa bersikap santun. Sebab dalam Al Quran diajarkan mana yang baik dan mana yang tidak," kata M Nuh, di sela-sela peresmian ruang praktik SMK NU 01 Kendal dan proyek-proyek bantuan pendidikan tahun 2012 Kabupaten Kendal.

M. Nuh menjelaskan, dalam kurikulum 2013 mencakup tiga hal, yaitu pendidikan yang bisa menambah ilmu atau pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dengan penggabungan tiga unsur itu, diharap nantinya siswa tidak hanya pandai, tetapi juga terampil dan mempunyai sikap sopan santun kepada orang tua dan masyarakat kepada umumnya.

"Tiga unsur itu adalah paket dalam membentuk siswa," tegas M Nuh.

M Nuh menambahkan, saat ini pemerintah telah menyiapkan buku yang akan digunakan untuk kurikulum 2013. Buku tersebut, nantinya akan dibagi gratis kepada guru dan siswa. Sedang pada Juni 2013 nanti, juga akan dilakukan pelatihan pada guru. Sehingga saat kurikulum 2013 tersebut diberlakukan pada bulan Juli nanti, semuanya sudah siap.

"Ada perubahan dalam kurikulum 2013, kalau dibandingkan kurikulum sebelumnya. Di kurikulum 2013 ini, berbasis kompetensi, sehingga siswa diminta lebih kreatif,"  pungkas Mendikbud M Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com