Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,6 SR Guncang Sumba Timur

Kompas.com - 27/03/2013, 21:23 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR), mengguncang Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (27/3/2013). Kerasnya guncangan membuat sebagian warga takut dan lari berhamburan keluar rumah.

Antonius, warga Waingapu, Sumba Timur, kepada Kompas.com, Rabu (27/3/2013), mengatakan, getaran gempa itu cukup kuat sehingga mereka langsung lari keluar rumah dan mencari tempat yang aman.

"Gempa tadi itu buat kami warga jadi panik dan takut sehingga saya langsung teriak kepada penghuni di dalam rumah untuk segera keluar rumah," kata Antonius.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Kupang, Sudaryono, S Si mengatakan, kekuatan gempa cukup besar yakni 5,6 SR, pada 27 Maret 2013 sekitar pukul 01:23:59 Wita dan berlokasi di 9.70 Lintang Selatan (LS) dan 120.35 Bujur Timur (BT) atau 25 kilometer (km) Timur Laut Waingapu, Sumba Timur, NTT dengan kedalaman 50 km.

"Gempa itu hanya dirasakan di Pulau Sumba saja, khususnya Sumba Timur dengan IV MMI dan tidak berpotensi adanya tsunami," jelas Sudaryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com