Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Bisa Jadi Ikon Sumatera

Kompas.com - 20/03/2013, 21:12 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan RI E E Mangindaan mengungkapkan, rel kereta api menjadi infrastruktur paling efektif untuk mendongkrak kegiatan ekonomi di Pulau Sumatera.

Untuk itu, pemerintah akan melakukan revitalisasi atau perbaikan rel kereta api sepanjang 484 kilometer di Sumatera yang kini rusak. Adapun total panjang rel KA di Pulau Sumatera saat ini adalah 1.390 km.            

"Kita akan bangun lagi rel kereta itu dengan standar internasional. Yang diangkut ini terutama adalah kargo hasil industri. Pemerintah ingin menjadikan jalur kereta api ini sebagai ikon Sumatera, sehingga jalan yang dibangun oleh PU tidak cepat rusak. Di China saja, pembangunan rel KA sepanjang 1.000 km bisa selesai setahun" ujarnya.            

Untuk itu, ia meminta agar proses pembebasan lahan jalur rel kereta api yang baru itu bisa dipercepat.

"Kalau ada lahan yang belum dibebaskan, tolong segera dibebaskan. Kalau sudah selesai pembebasan (lahan), bisa segera kita mainkan (bangun)," tuturnya di dalam acara Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera yang diadakan di Bandar Lampung, Rabu (20/3/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com