Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Pembeli, Harga Bawang Putih di Malang Turun

Kompas.com - 14/03/2013, 14:41 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Akibat jarang pembeli, harga bawang putih di Kota Malang, Jawa Timur, mulai mengalami penurunan. Dari harga sebelumnya mencapai Rp 85.000 per kilogram untuk bawang putih, sejak Kamis (14/3/2013), menjadi Rp 65.000. Adapun untuk harga bawang merah masih belum mengalami penurunan, yakni Rp 45.000 per kilogram.

"Karena jarang pembeli, harga di pasar mulai diturunkan," kata Ida Sulastri, salah satu pedagang di Pasar Besar Malang, Kamis (14/03/2013).

Harga bawang putih sempat meroket, kata Ida, karena stok bawang putih masih langka. Namun, kini stok bawang putih mulai pulih. "Jadi, harganya sudah berangsur turun. Jika tidak diturunkan, khawatir tak ada pembeli," kata Ida.

Sejak sepekan lalu, kelangkaan stok bawang putih memang terjadi. "Sejak bawang putih langka harganya naik mencapai Rp 10.000 setiap harinya. Sejak naik, per hari saya hanya bisa menjual 10 kilogram bawang putih. Sepuluh kilogram itupun kadang-kadang bisa terjual dalam kurun waktu dua hari," keluh Ida.

Hal senada juga diakui Kasiati, seorang pedagang bawang putih di Pasar Tawangmangu, Kota Malang. "Sejak hari ini harga bawang putih sudah turun Rp 10.000 per kilogram. Kemarin masih Rp 80.000 per kilogram. Sekarang sudah Rp 70.000 per kilogram," akunya.

Lebih lanjut Kasiati berharap harga bawang putih terus mengalami penurunan. Jika harga turun, secara otomatis akan banyak pembeli. "Semoga pemerintah bisa menangani masalah ini. Jika terus mahal, yang rugi pedagang karena tak ada yang beli bawang putih," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com