Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Desa di TTU Terima Bantuan 3,9 Ton Benih Sorgum

Kompas.com - 13/03/2013, 19:54 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh desa di Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, mendapat bantuan biji benih sorgum sebanyak 3,9 ton dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Agroforestry Indonesia (ELPAF) Jakarta.

Direktur ELPAF, Frans Taolin yang didampingi pengurus ELPAF lainnya, Ivan Andi Darmawan mengatakan tujuan dari pemberian bantuan benih sorgum tidak hanya kepada produksi, tetapi juga sebagai entry point untuk pengembangan pertanian organik.

"Nanti mereka tidak hanya diberikan bibit, tetapi juga fasilitas yang lain seperti peralatan penunjang pertanian seperti pompa air, traktor dan pupuk," kata Frans yang diamini Ivan.

Menurut Frans, keunggulan Sorgum dibanding dengan tanaman pertanian lainnya yakni daya tahan untuk daerah kering, kemampuannya empat kali lebih baik dari jagung karena akarnya lebih dalam, kemudian pada permukaan daun bagian atas, ada lapisan lilin yang bisa mencegah penguapan berlebih. Dengan kondisi iklim di Timor yang sangat kering, tentunya karakter tanaman ini menjadi cocok.

"Untuk nilai ekonomis, sorgum sangat komplit yakni buahnya sebagai bahan untuk pembuatan macam-macam makanan seperti roti dan gula cair, lalu batang sorgum itu sendiri bisa dijadikan bio etanol dan pakan ternak, jelas Frans.

Selanjutnya, menurut Frans, pihaknya akan terus memberi motivasi dan pendampingan kepada masyarakat penerima bantuan bibit sorgum, agar masyarakat dapat memiliki kedaulatan untuk menentukan program ke depan. "Kalau mereka sudah bisa melakukan itu, perlahan kita mengundurkan diri dan berpindah ke desa lain," jelas Frans.

"Kita juga ingin membangun sistem pertanian berkelanjutan dengan mengambil tiga alternatif sesuai kondisi topografi yakni tanah datar, kemiringan enam sampai 15 persen dan terjal, sehingga tiga hal itu terangkum dalam Agroforestry," kata Frans.

Pemberian bantuan itu, didahului dengan sosialisasi oleh ELPAF yang bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Bitauni di aula SMK Bitauni, Rabu (13/3/2013). Tujuh Desa penerima bantuan bibit Sorgum yakni Desa Fatuana, Botof, Keun, Lanaus, Oenbit, Susulaku dan Nunmafo. Warga di tujuh desa itu sudah menyiapkan lahan seluas 400 hektar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com