Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Labuan Bajo Akan Direklamasi

Kompas.com - 01/03/2013, 08:54 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Kawasan pantai Labuan Bajo sepanjang hampir dua kilometer segera direklamasi untuk mendapatkan ruang yang lebih luas. Permukiman penduduk di tepi pantai saat ini sulit dipindahkan karena mereka adalah nelayan yang sudah ratusan tahun mendiami pantai itu.

Asisten II Sekda NTT Ande Jehalu di Kupang, Jumat (1/3/2013), mengatakan, pemerintah sulit menggusur ratusan rumah milik nelayan suku Bajo yang sudah ratusan tahun mendiami pantai itu.

"Nelayan Bajo sendiri pun tidak mau dipindahkan karena lokasi itu telah ditempati sejak dulu kala, sebelum adanya pengembangan dan kemajuan seperti sekarang," kata Jehalu.

Ia mengatakan, sebagian rumah masih berupa rumah panggung, sebagian rumah permanen, dan bahkan ada yang sudah membangun hotel. Rumah-rumah itu milik nelayan Bajo. Jika mereka dipaksa keluar dari kawasan itu, maka ganti rugi lahan akan sangat tinggi. Kawasan pantai Labuan Bajo dikembangkan dengan melakukan reklamasi wilayah sehingga tampak lebih luas dan lebih indah dipandang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com