Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian KM Borang Jaya Bergeser ke Madura

Kompas.com - 22/02/2013, 16:18 WIB
Adi Sucipto

Penulis

TUBAN, KOMPAS.com- Pencarian KM Borang Jaya yang hilang akibat dihantam ombak besar akan dilakukan hingga ke perairan Madura. Kapal tersebut raib bersama empat anak buah kapalnya.

KM Borang Jaya merupakan kapal yang dipesan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur dilakukan hingga perairan Madura.

Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) terkendala ombak besar di laut. Diperkirakan kapal dan empat ABK itu sudah ada di perairan Madura.

Empat ABK yang hilang yakni Sholihin (37) asal Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai nahkoda. Tiga ABK lainnya, Tahir (47) asal Tangerang Banten, Sohanan (47) dan Badrun Jatmiko (28) keduanya asal Pulau Seribu.

Keempat ABK itu hilang saat hendak mengantarkan pesanan kapal dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, bersama KM Surya Permai.

Kapal berangkat dari Tangerang, Provinsi Banten menuju Manggarai, NTT. Sampai perairan Mandalika Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mesin kapal itu rusak sehingga harus ditarik KM Surya Permai.

Tetapi kedua kapal dihantam ombak setinggi 5 meter sehingga tali sling baja putus dan kedua kapal terpisah dihempas ombak dan angin kencang.

KM Jaya Permai dan tiga ABK berhasil diselamatkan. Tapi sampai sekarang KM Borang Jaya berikut empat ABK-nya belum ditemukan.

Tim pencari dari Basarnas dibantu Tim SAR Tuban, dan Lamongan masih menyisir laut Jawa karena diduga kapal terbawa arus dan bisa bergerak ke mana saja akibat mesin mati.

Tim pencari tidak bisa menghubungi awak kapal dan menentukan titik koordinat kapal karena mesin rusak. Terakhir KM Borang Jaya terdeteksi di perairan Laut Jawa sekitar Tuban.

Akhirnya penyisiran dilakukan mulai Jepara hingga wilayah Tuban. Penyisiran terkendala ombak setinggi 5 meter. Penyisiran difokuskan di tepian pantai.

Pencarian juga dilakukan lewat udara dengan menggunakan helikopter. Hingga saat ini belum ada perkembangan keberadaan kapal yang terbuat dari fiber itu.

Koordinator Basarnas yang memimpin pencarian KM Borang Jaya, Supriyono menuturkan sampai saat ini KM Borang Jaya dan empat ABK-nya belum ditemukan.

"Semula pencarian di seputar perairan Tuban Lamongan, namun kemudian bergeser ke wilayah perairan Madura. Diperkirakan keberadaan kapal sudah bergeser," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com