Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Penculikan Anak oleh Ayah Berakhir Damai

Kompas.com - 19/02/2013, 17:43 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com -- I Made Oka Wijaya (47) bersama tiga kerabatnya harus menanggung risiko berurusan dengan pihak berwajib setelah nekat mengambil anak kandungnya, Ni Luh Leksa Wijaya (3), saat puterinya tertidur pulas di rumah mertuanya di Gatak, Sukoharjo pada Sabtu (16/2/2013) lalu. Keluarga yang panik pun melaporkan hilangnya Leksa dengan dugaan diculik komplotan penculik anak di Polsek Gatak, Sukoharjo.

Pada hari Minggu (17/2/2013), petugas meringkus I Made bersama lima orang lainnya yang masih kerabat pelaku di Banyuwangi, Jawa Timur saat hendak menyeberang ke Bali. Sementara itu, I Made Nyoman Wijaya mengaku nekat mengambil puterinya karena permasalahan perceraian dengan istrinya, Dewi Ambar Sayekti, yang tak urung selesai. Dirinya pun ingin mengasuh buah hatinya setelah proses perceraian selesai.

"Saya begitu sayang anak saya, dan sudah 8 bulan lebih saya tidak ketemu. Saya sudah coba untuk meminta anak saya, namun tidak diperbolehkan istri saya," kata I Made Nyoman Wijaya kepada wartawan, Selasa (19/2/2013).

Sementara itu, menurut Kapolres Sukoharjo, kasus penculikan yang melibatkan ayah kandung korban bersama lima orang lainnya akan diselesaikan secara kekeluargaan. Dengan demikian, Polres Sukoharjo menyatakan langsung menutup kasus tersebut.

"Kasus penculikan tersebut tidak memenuhi unsur pidana dalam Pasal 328 KUHP. Tidak cukup bukti. Selain itu pelaku penculikan juga ayah kandungnya sendiri yang masih memiliki hak asuh dan status kedua orang tuanya belum bercerai," kata AKBP Ade Sapari, Kapolres Sukoharjo.

Ade Sapari menambahkan, setelah nenek balita melaporkan kasus penculikan cucunya pada Sabtu lalu, Polres Sukoharjo langsung berkoordinasi dengan Polsek KP3 Ketapang. Karena, berdasarkan penyelidikan awal, pelaku diduga merupakan ayah kandungnya sendiri yang berasal dari Bali.

"Nenek korban dan sekaligus mertua pelaku sudah mencabut laporannya, dan diharapkan permasalahan keluarga dapat diselesaikan secara baik-baik," katanya.

Sementara itu, setelah mengetahui tuntutan terhadap dirinya dicabut oleh mertuanya, I Made Oka Wijaya pun berencana untuk memperbaiki hubungan dengan istrinya, dan memikirkan kebaikan untuk sang buah hatinya, Leksa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com