Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Minat Warga, Panitia Musrenbang Sediakan "Doorprize"

Kompas.com - 07/02/2013, 22:41 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE,KOMPAS.com -- Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, terbilang unik. Pasalnya, panita Muserenbang menyediakan doorprize atau hadiah. Hal ini dilakukan untuk merangsang partisipasi warga Labukkang menyalurkan aspirasi.

Musrenbang pun berlangsung meriah. Acara ini dihadiri sejumlah stakeholder baik dari instansi terkait dari beberapa satuan perangkat kerja daerah (SKPD), fasilitator kelurahan, ketua RW/RT di Labukkang serta anggota DPRD Parepare.

"Kecenderungan warga atau masyarakat untuk mengikuti acara Muserenbang dari tahun ke tahun menurun, sehingga kami mencoba merekayasa agar kegiatan Musrenbang ini tingkat partisipasi masyarakat lebih tinggi," kata Lurah Labukkang, AA Hamka S STP, Kamis (07/02/2013).

Anggota DPRD Parepare, Rahman Saleh dalam kesempatan tersebut mengakui partisipasi warga mengikuti Musrenbang menurun. "Terobosan yang dilakukan oleh Lurah Labukkang, sungguh sangat merangsang partisipasi masyarakat," ungkap Rahman.

Kata Rahman, walau hadiahnya tidak begitu besar, namun masyarakat semangat dalam melaksanakan Musrenbang. Hal ini juga patut dicontoh oleh kelurahan lain di Kota Parepare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com