Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilham Tewas karena Hendak Menyelamatkan Kakaknya

Kompas.com - 02/02/2013, 17:23 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - M Ilham Lutfi (6), bocah SD di Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung, diketahui tenggelam karena hendak menyelamatkan kakaknya, Sabtu (2/2/2013). Lutfi tenggelam di Kali Ameng yang terletak 300 meter dari rumahnya di Kampung Sukabumi, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Sabtu (2/2/2013).

Akbar (9), kakak kandung dari Ilham, bercerita, kejadian tenggelam itu berawal dari ketika ia dan kawan-kawannya beserta korban tengah berenang di pinggiran Kali Ameng selebar 3,5 meter itu. "Saya lagi berenang, tiba-tiba terbawa arus (banjir bandang). Terus, dia (Ilham) dan Hasbi (kawan Akbar) datang mendekati untuk menyelamatkan saya. Ilham tidak tahunya malah terseret," ujarnya.

Sementara, Akbar dan kawan mainnya, Hasbi, selamat dengan berpegangan pada semak berduri yang menjulur di pinggir sungai. Tangan keduanya tergores akibat duri itu. "Ilham hilang di puteran (arus berputar)," ujar dia kemudian.

Menurut Senen (55), warga setempat, saat kejadian, Kali Ameng tengah banjir bandang. Banjir ini adalah kiriman dari Bukit Camang di hulu kali itu. "Karena banjir, kali ini deras. Dalamnya sampai 2 meter lebih. Padahal, di hari normal, hanya sepaha (1,2 meter)," ujar dia.

Pada subuh hari, daerah ini dan sebagian wilayah lain di Bandar Lampung diguyur hujan deras, sehingga mengakibatkan banjir. Beberapa pekan terakhir, banjir semakin sering terjadi di Lampung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com