Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Wonosobo-Purworejo Pulih

Kompas.com - 01/02/2013, 16:53 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Jalur antarkabupaten penghubung Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Purworejo dan Magelang, Jawa Tengah, di Kecamatan Kepil, Jumat (1/2/2013) kembali normal, setelah tertutup material longsor pada Rabu (30/1/2013) sore. Lalu lintas kendaraan yang sempat memutar melalui jalur alternatif sudah pulih.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Kepil, Supringga, mengatakan, material dari tebing setinggi 10 meter di Dusun Sibungkang, Kelurahan Kepil yang longsor sepanjang tujuh meter sudah dibersihkan.

"Masyarakat bersama beberapa anggota Taruna Siaga bencana (Tagana) dan personel TNI berusaha menyingkirkan timbunan tanah dengan bantuan alat berat dari Bina Marga sepanjang Kamis," ujarnya.

Pihak Bina Marga Jateng Balai Pelaksana Teknis Wonosopbo mengerahkan satu ekskavator dan dua truk. Kendati sudah bisa dilewati, dia menyarankan pengguna jalan hati-hati lkarena jalan masih licin.

Menurut Camat Kepil, Kuncoro, seminggu sebelumnya tebing tersebut juga longsor namun dengan skala lebih kecil. Dia mengakui, tebing yang menyangga lahan sawah tersebut rawan longsor, terutama pada musim hujan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com