Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Sapi Impor Lampung Hanya 90.000 Ekor Tahun 2013

Kompas.com - 01/02/2013, 15:53 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Pembatasan kuota impor sapi masih berlaku. Provinsi Lampung tahun ini hanya mendapatkan jatah kuota 90.000 sapi impor yang akan digemukkan di perusahaan penggemukan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Setiato, Jumat (1/2/2013), mengatakan, kuota 90.000 sapi impor ini dibagikan ke delapan feedlot atau perusahaan penggemukan sapi di Lampung. Jumlah kuota ini, dia mengakui, termasuk kecil dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

Adapun daya tampung perusahaan feedlot di Lampung sedikitnya 120.000 ekor. Namun, pemda tidak mempersoalkan rendahnya kuota impor ini.

"Kami mendukung upaya pusat yang melakukan pembatasan impor (sapi) untuk mencapai swasembada daging pada 2014. Kami di daerah juga mendorong hal ini dengan melakukan sejumlah program, di antaranya bantuan ke kelompok peternak dan insentif untuk sapi betina produktif," paparnya.

Lampung merupakan salah satu daerah lumbung daging terbesar di Indonesia, khususnya di Sumatera. Pasokan daging atau sapi dari Lampung mengalir ke sejumlah daerah di Sumatera dan Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com