Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Banjir di Bandar Lampung Capai Rp 60 Miliar

Kompas.com - 29/01/2013, 15:19 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kerugian akibat dampak banjir di Bandar Lampung beberapa waktu lalu diperkirakan mencapai Rp 60 miliar. Pemkot Bandar Lampung telah mengalokasikan dana Rp 15 miliar untuk tanggap darurat dan rehabilitasi.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung Eddy Heryanto, Selasa (29/1/2013). Ia mengatakan, banjir besar yang terjadi pada Kamis (24/1/2013) dan Jumat (25/1/2013) lalu telah mengakibatkan sekitar 6.000 rumah rusak, mulai dari berat, sedang dan ringan. Banjir juga merusak infrastruktur macam tanggul, siring, dan jalan.

"Banjir ini merata di seluruh, yaitu 20 kecamatan di Bandar Lampung. Awalnya, Kemiling (daerah tertinggi) disebut tidak terkena. Namun, laporan terakhir, daerah itu juga terkena (banjir), walau tidak seberapa parah," tuturnya.

Menurutnya, dari hasil rapat tim penanggulangan bencana dua hari terakhir, terungkap bahwa setiap kecamatan diperkirakan mengalami kerugian Rp 2 miliar.

"Sementara, kerusakan infrastruktur yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum mencapai Rp 18 miliar," tuturnya.

Untuk kegiatan tanggap darurat dan penanggulangan, Pemkot Bandar Lampung telah menganggarkan dana taktis Rp 15 miliar yang diperkirakan cair mulai lusa. Pemkot Bandar Lampung juga tengah mengajukan dana rehabilitasi dan rekonstruksi senilai Rp 27 miliar ke pemerintah pusat.

"Dana dari BNPB Pusat itu telah kami ajukan melalui gubernur," ujar di kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com