Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg di Yogyakarta Wajib Tes Narkoba

Kompas.com - 28/01/2013, 17:07 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Perdaran dan pengguna narkoba yang semakin meluas bahkan sudah sampai ke kalangan artis dan pejabat pemerintahan, membuat Badan Narkotika Nasional ( BNN ) DIY merasa perlu melakukan tes narkoba terhadap para calon legislator (caleg) di Sleman, Yogyakarta.

Rencananya BNN DIY akan menjalankan tes narkoba pada bulan Februari 2013 mendatang. Hal ini dilakukan agar calon legislator benar-benar bersih dari narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional DIY, Budiharso mengatakan, pihaknya saat ini sedang mendekati pengurus partai-partai politik di Sleman perihal tes narkoba yang akan dilakukan.

"Saya yakin partai-partai mau bekerja sama demi kebersihan calon-calon legislator di pemilu mendatang. Program tes narkoba ini memang baru pertama kalinya di DIY," terangnya, Senin (28/01).

Di tempat berbeda, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Sleman Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP ), Rendardi Suprihandoko menyatakan, pihaknya selalu melakukan tes kesehatan, termasuk tes narkoba, kepada setiap calon legislator dari partainya. Saat ini pihaknya mempunyai 54 caleg yang nantinya akan diciutkan menjadi 50 caleg.

"Sebelum Maret kita akan lakukan tes kesehatan termasuk tes narkoba, jika memang ada salah satu caleg yang kedapatan menggunakan narkoba, maka secara tegas akan kita coret," tandas Rendardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com