Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat, 15 Hari Bertahan Hidup di Rakit

Kompas.com - 28/01/2013, 16:17 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Tiga dari sepuluh korban tenggelamnya Kapal Motor Kembang Doa di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (13/1/2013), ditemukan selamat di dekat Pulau Ut, Kepulauan Kei, Maluku, Senin (28/1/2013). Ketiganya bertahan hidup di atas rakit selama 15 hari setelah kapal tenggelam diterjang ombak.

Petugas SAR di Tual, Jose Tehutora, yang dihubungi dari Ambon, Senin (28/1/2013), menyebutkan, ketiga korban selamat itu bernama Said, Sudirman, dan Chairudin. Warga menemukan ketiga korban di atas rakit yang tersangkut jaring milik perusahaan mutiara di dekat Pulau Ut, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, sekitar pukul 09.00 WIT, Senin.

"Warga lalu melaporkannya ke Kepolisian Sektor Dullah Selatan, kemudian polisi segera membawa mereka ke Rumah Sakit Umum Langgur, Maluku Tenggara," ujar Jose.

Menurut penuturan para korban kepada tim SAR Tual, sebelum kapal tenggelam, mereka membawa biskuit dan air minum. Biskuit dan air minum ini habis beberapa hari setelah mereka terombang-ambing di laut. Setelah itu, mereka bertahan hidup, menahan haus dan lapar sampai akhirnya ditemukan berada di dekat Pulau Ut.  

Semula ada empat orang di atas rakit. Namun satu orang lagi, nakhoda kapal bernama Badal, terjatuh ke laut dan tenggelam. Kondisi yang lemah membuat dia tak mampu berenang kembali ke rakit. Tiga orang lain tidak bisa menolong karena mereka juga dalam kondisi lemah.

Sementara enam korban lain menggunakan sekoci untuk menyelamatkan diri setelah kapal tenggelam. Namun, korban selamat tidak tahu kondisi sekoci itu. Arus laut memisahkan mereka yang berada di rakit dengan yang di sekoci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com