Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf: Harta Saya Diperkirakan Rp 11 Miliar

Kompas.com - 22/01/2013, 15:17 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Calon gubernur Jabar 2013 yang diusung oleh Koalisi Babarengan (Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Gerindra), Dede Yusuf Macan Effendi, mengatakan jumlah kekayaannya diperkirakan mencapai Rp 11 miliar.

"Kurang lebih seperti yang dulu. Kalaupun naik, itu karena ada gaji dan tunjangan. Kisaran hampir Rp 11 miliarlah," kata Dede Yusuf Macan Effendi seusai menghadiri nonton bareng film Tiga Sekawan Ihh Hantu di XXI Bandung Indah Plaza, Bandung, Selasa (22/1/2013).

Kekayaan senilai Rp 11 miliar tersebut, kata Dede Yusuf, terdiri dari rumah, tanah, dan mobil. "Asetnya itu tidak hanya di Bandung, di Jakarta juga ada. Kalau di Ciamis, gak ada. Baru saja saya ingin beli peternakan ayam di sana (di Ciamis)," katanya.

Dede Yusuf mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menjalani proses klarifikasi dan verifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) oleh KPK. "Kalau saya diklarifikasi besok oleh KPK. Tadinya mau hari ini tapi karena ada acara ini jadi undur besok. Nggak ada persiapan khusus, paling verifikasi saja seperti apa benar mobil ini milik ada," katanya.

Hari ini tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan klarifikasi dan evaluasi LHKPN para pasangan calon gubernur/wakil gubernur Jabar.

KPK telah menerima laporan harta pasangan Dede Yusuf, Lex Laksamana Zaenal. Dalam laporan tersebut, kekayaan Lex mencapai Rp 7,3 miliar.

Bidang Pencegahan KPK Koordinator Jawa Barat Adliansyah Nasution mengatakan, ada peningkatan sejumlah harta kekayaan dari yang sebelumnya dilaporkan Lex Laksamana Zaenal ke KPK pada November 2012 lalu.

"Kami lihat dari hasil pemeriksaan yakni ada koreksi dari harta sebelumnya yakni Rp 6,2 miliar dan sekarang Rp 7,3 miliar," katanya usai memeriksa berkas kekayaan Lex Laksamana Zaenal di Bandung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com