Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Longsor, dan Lahar Dingin Jadi Prioritas BNPB

Kompas.com - 18/01/2013, 14:38 WIB
Angger Andreas

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penanganan bencana banjir di beberapa daerah, termasuk Jakarta, menjadi perhatian khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selain banjir, BNPB memprioritaskan penanganan longsor dan lahar dingin.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, daerah-daerah yang menjadi fokus perhatian untuk bencana banjir ialah, Jakarta (Ciliwung dan Cisadane), Banten (Ciujung, Ciliman, Cimandiri, dan Citarum), Kalimantan (Muara Kapuas dan Barito), Palembang (Musi), dan Jambi (Batanghari). Beberapa daerah lain adalah di kawasan hulu Bandung, sepanjang Bengawan Solo di wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur, kawasan di sekitar Jragung, Tuntang, Serang, Lusi, dan Juwana (Jeratun Seluna), serta beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Adapun fokus perhatian untuk bencana longsor adalah di sepanjang Bukit Barisan di Sumatera. "Di Pulau Jawa, daerah yang perlu diwaspadai akan terjadi longsor terdapat di Jawa bagian selatan hingga Jawa bagian tengah," kata Sutopo, Jumat (18/1/2013).

Ia mengatakan, bencana lahar dingin juga perlu diwaspadai di beberapa daerah, seperti di sekitar Gunung Merapi (Jawa Tengah, Yogyakarta), Gunung Semeru (Jawa Timur), Gunung Gamalama (Maluku Utara), serta Gunung Lokon dan Gunung Soputan (Sulawesi Utara).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com