Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Jakarta-Surabaya Terlambat 2 Jam

Kompas.com - 18/01/2013, 13:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Kereta api penumpang jurusan Surabaya-Jakarta dan sebaliknya tetap beroperasi seperti biasa meskipun saat ini Jakarta sedang dilanda banjir. Sebaliknya, dua KA barang dari Surabaya, Kamis (17/1/2013), tidak diberangkatkan dengan alasan keamanan.

Jadwal keberangkatan KA penumpang, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif, tetap berjalan seperti biasanya sesuai dengan jadwal. ''Hanya saja kedatangan KA penumpang dari Jakarta mengalami keterlambatan sekitar dua jam,'' ujarnya.

Lutfi memberi contoh jadwal KA eksekutif Agro Bromo, yang seharusnya berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, pukul 09.30 WIB, mundur menjadi pukul 11.48 WIB. Karena itu, kedatangannya di Surabaya mundur ke pukul 22.00 WIB dari seharusnya pukul 20.00 WIB.

Sementara itu KA barang yang tidak berangkat adalah KA parsel dengan sembilan gerbong yang seharusnya berangkat pada Kamis pukul 18.05 WIB serta KA One Night Service atau kereta api kontainer yang berangkat pukul 20.30 WIB dengan tujuan Stasiun Jakarta Gudang.

''Kereta api barang itu akan diberangkatkan jika kondisi banjir di Jakarta sudah mulai stabil,'' kata Kepala Stasiun Pasar Turi Surabaya M Lutfi, yang dikonfirmasi Jumat (18/1/2013).

Hingga Jumat (18/1/2013), sejumlah stasiun KA dilaporkan masih tergenang banjir, di antaranya Stasiun Kampung Bandan (27 cm), Stasiun Jakarta Kota (40 cm), Stasiun Tanah Abang (10 cm), dan Stasiun Jakarta Gudang (40 cm).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com