Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Tiga Pesawat Batal Mendarat di Semarang

Kompas.com - 15/01/2013, 14:09 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Hujan disertai angin cukup kencang yang terjadi di Kota Semarang mengakibatkan tiga pesawat dari tiga maskapai penerbangan batal mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Selasa (15/1/2013) pagi.

Cuaca buruk sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Hujan yang mengguyur sejak pagi ini juga tanpa henti, disertai angin yang membuat jarak pandang berkurang.

Ketiga maskapai yang batal mendarat yakni Wings Air dengan rute Surabaya-Semarang, Lion Air dengan rute Jakarta-Semarang, dan Kalstar dengan rute Pangkalan Bun-Semarang.

"Lion Air kembali ke Jakarta pukul 09.40 WIB. Wings Air kembali ke Surabaya pukul 09.35 WIB, sedangkan penerbangan Kalstar terpaksa mendarat juga di Surabaya pukul 10.10 WIB," kata General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko.

Ia mengatakan, hanya terdapat tiga pesawat dari tiga maskapai yang batal mendarat, sedangkan jadwal kedatangan pesawat dari maskapai lain tidak terganggu. Sementara itu, keberangkatan pesawat menurutnya tidak ada masalah dan tetap sesuai jadwal.

Cuaca buruk menurutnya sangat berpengaruh pada pesawat yang akan melakukan pendaratan. Oleh karena itu, pilot tidak mau mengambil risiko dan akan mengambil bandara terdekat untuk mendarat. "Atau bisa saja kembali ke bandara saat berangkat," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa pihak bandara telah menyiapkan 29 pompa air untuk mengantisipasi adanya genangan di landasan. Jika genangan sudah cukup tinggi dan mengganggu, maka pompa tersebut akan difungsikan. Saat ini hujan terus saja mengguyur dan mendung juga masih terlihat tebal di atas langit Kota Semarang.

"Mudah-mudahan cuaca segera kembali cerah agar jadwal kedatangan tidak lagi terganggu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com