Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kecelakaan Laut, Adpel Ambon Gelar Sidak

Kompas.com - 14/01/2013, 13:48 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Petugas Administrasi Pelabuhan (Adpel) Ambon, Senin (14/1/2013) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah kapal tradisional yang berlayar keluar dari Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon, Senin (14/1/2013).

Dalam sidak tersebut, petugas Adpel memeriksa kelengkapan keselamatan berlayar penumpang dan kesiapan kapal yang hendak berangkat menuju sejumlah daerah di Maluku. Langkah ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal menyusul cuaca di perairan Maluku yang masih rawan.

Kapal yang didatangi petugas Adpel, antara lain KM Elizabeth tujuan Pulau Buru, dan sejumlah kapal lainnya, yang hendak keluar dari Pelabuhan Slamet Riyadi.

Kepala Adpel Ambon kapten Ali Ibrahim mengatakan, sidak ini dilakukan untuk memastikan semua alat keselamatan di kapal -kapal tradisional yang melayari rute antarpulau di Maluku ini memenuhi standar.

"Sidak ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan laut memasuki cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan maluku saat ini," kata Ali, usai sidak.

Ia mengakui, dalam sepekan kemarin terjadi dua kali kecelakaan kapal di perairan Maluku sehingga pihaknya tidak ingin mengambil resiko terhadap kecelakaan kapal.

"Kita tidak ingin karena persoalan teknis, terjadi lagi kecelakaan. Makanya kita lakukan sidak ini," ujarnya.

Kedatangan petugas adpel di kapal membuat penumpang dan anak buah kapal kaget, petugas Adpel lalu memeriksa daftar manifes kapal yang akan berangkat secara teliti. Petugas juga memeriksa kelengkapan keselamatan berlayar seperti jaket pelampung dan alat komunikasi kapal lainnya.

Petugas adpel Ambon bahkan memperagakan penggunaan jaket pelampung yang baik guna menjaga keselamatan mereka saat berlayar.

Usai sidak, petugas Syahbandar Pelabuhan Ambon kemudian mengizinkan kapal berlayar ke pulau-pulau tujuan di Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com